Selasa, 27 Mei 2014

Ade Jatuh :(

Namanya Anak-anak ya.... jatuh itu sepertinya kaya daily living activity malam itu saya minta ade ganti baju kerna sudah mau bersiap tidur. Ade sedang senang pakai baju panjang-panjang gedombrong katanya biar kaya putri sofia :3

kejadiannya sabtu malam seperti biasa kalau di suruh tidur itu.... banyak alasannya yang main dulu lah duduk dulu lah - nini nini ke jebur kulah.

dan terjadilah jatuh.... dia berlari keserimpet bajunya :3 sudah ngantuk pula anak tu. 

yang lihat aba sepertinya tangannya tertimpa badannya menangis sambil menjerit memegang siku nya. Aduuuh.... di otak langsung keluar SOP pemeriksaan fraktur tapi lupa first aid nya #keplak

panduan sebenarnya bisa di lihat di sini broken elbow firs aid emergency

hal pertama yg sy lakukan adalah meminta ade mengepal dan menggenggam tanpa menyentuh tangannya terlebih dahulu.

oke ade bisa mengepal dan menggenggam secara mandiri berarti kemungkinan tidak ada patah tulang.

kedua: meminta ade tenang lalu memeriksa apakah ada krepitasi #muless aman semua PROM - passive range of motion okey dan tidak ada krek krek

ketiga : harusnya di kompress dingin heuheuheu tapi lupa

keempat : buat sling emergency dari popok bayi nya 
cara bener nya bisa lihat di sini cara membuat sling

emergency arm sling

lalu pergilah kita ke UGD, sesampainya di sana di periksa dokter lalu di sarankan untuk ronsen baiklah kita ronsen

setelah lihat hasil ronsen yang katanya ada defect pada medial epycondilus humeri - tanda tanya besar yang terhantam yang lateral yang di bilang suspect defect kok yang di medial

saya tanya rencana nya gimana ke dokter UGD nya katanya mau pake resting splint - okey.... mau yang tipe seperti apa saya tanya - kemudian dia bilang pakai model lurus aja posisi anatomi - okey masuk di akal sambil mikir gimana caranya ngelurusin tangan dede sedangkan dia memeluk erat tangannya pada posisi fleksi elbow

saya pun nurut menunggu 45 kok ga di kerjain ternyata perawatnya lupa
haizzzzz waktu menunjukan pukul 00.15 dan selama nunggu ga d kompres dingin tangan si ade :( - gimana ini SOPnya???

perawat menginformasikan harga bahan splint nya sekitar 400,000 saya menyetujui kemudian 2 orang perawat siap memasang.

bahan splint

mengamati cara perawat pasang splint, "ini bahannya cepat keras bu jadi harus buru-buru" sambil ngukur dan ngunting2 bahan splint.

okey... memang betul lalu di perhatikan ini bahan cuma di basahi dengan air dingin.

tapi kok masangnya ga di atur dulu tangannya #terkejut terus kok jadinya ga posisi anatomis banyak sisi menusuknya. terpaksa deh...

emak: "maap mas itu bukan gitu masangnya ini di positioning dulu tangannya ini di rapiin ini kan musti posisi fungsional..." 

emak mulai bawel

sedang merapih2kan splint ternyata ada bagian yang tajam dalamnya seperti serat-serat nampak kaya bihun mentah dan itu kl sudah mengeras tajam sekali

kemudian di bebat dengan semacam wrapping bandage ini
costumize wrapping bandage
kemudian saya tanya apa ada dapat obat oles? lalu di kasih resep voltaren - haizz itu kan ga bisa untuk anak-anak tapi tetap di tebus heuheu kerna panik dan hampir di kasih resep pain killer emak melotot dokternya cengar cengir

"pake paracetamol bisa kan dok???"
"iya bisa bu..." alhamdulillah....

sampai di rumah sepulangnya dari UGD itulah perjuangannya bagian merawat, walau tangan sakit beberapa kegiatan aktifitas sehari-hari masih terus berlangsung seperti mandi, makan, ganti baju atau bermain.

bersyukur banget saya dulu seorang okupasi terapis

untuk cara memakai/melepas baju bisa dilakukan pada tangannya yang sakit dahulu
upper body dressing hemiplegia- doffing
http://www.pinterest.com/pin/76490893643426459/
http://www.ktph.com.sg/mediadata/health_library/img/SHIRTDOFF.png
akhirnya memutuskan tidak menggunakan voltaren untuk nyeri tangan dede saya memilih menggunakan minyak but-but.

saat kejadian masih belum paham mesti di apakan ini tangan ade ke tukang urut jauh banget ga bisa anter sepanjang hari tanggannya di tekuk terus dan itu ga baik :( ROM nya bisa terbatas

hari seninnya kita buat appointment dengan dokter ortopedi RS Afiat dokternya oke punya... "ini ga ada ftaktur bu... perhatikan saya menekan yang di suspect fraktur ini anak ga nangis, anak ibu bereaksi ketika bagian ini yang di sentuh - bagian samping luar siku." 

kemudian dokternya menjelaskan berdasarkan hasil ronsen yang terjadi adalah adanya memar terlihat bagian di foto aga buram2 itu tanda terjadi memar

dokternya komunikatif, emak senang kemudian di pasangkannya sling untuk ade sambil memberikan wejangan2.

itu namanya dokter OK Punya komunikatif cerdas...

kembali buka buku anatomi... bagi yang ga punya bisa googling kata kuncinya upper extremity muscles

Upper Extremity Muscles
http://learnhumananatomy.com/upper-extremity-muscles/
pertanyaannya adalah mana bisa tahu otot yang bermasalah dengan otot yang tidak, antara lupa pelajaran lalu dan memang saya bukan fisioterapis.

kemudian Allah memberi kemudahan alhamdulillah kemudian teridentifikasi bahwa bagian yang bermasalah itu lebih hangat/panas ketika di raba ketimbang daerah lain yang ga bermasalah dan warna kulit pun memerah

haiyaa #tepokjidat #keplak diri sendiri ya kan dulu semester 1 awal belajar patofisiologi kita belajar yang namanya color rubor dolor

apaan tuch.... o.0 #bangjajamode:on
baca di sini ya buibu pakbapak biar bukan dokter buibu dan pakbapak mesti cerdas ga boleh gagap istilah - ga papa di katain lulusan universitas google juga :p demi kesehatan keluarga ya tho wong yang belajar aja ga mau nerangin ya kita belajar sendiri wajar #curcol

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/PATOFISIOLOGI%20CEDERA.pdf
http://klinikcedera.wordpress.com/anatomi-tubuh/

jadi bagian otot yang bermasalah itu akan terasa lebih hangat dan permukaan kulit terlihat lebih merah, tanpa di pijat keras2 emak cuma membalurkan minyak but2 dengan lembut dari arah atas ke bawah

ga semuanya langsung teridentifikasi mungkin kerna ilmu urut emak jongkok, kelar bagian A mulai ketauan bagian lain baru muncul

sebenernya ketauannya dari gerakan ga wajar de sal, yang paling susah adalah otot intrinsik 

kalau jaman kuliah dulu misal siku nekuk itu otot apa saja yang terlibat

macam seperti ini lah belajar otot dan gerakan

bingung baca belajar otot dan gerakan bisa di bantu dengan lihat link atlas anatomi otot diatas

walhasil resting splint ala UGD ga kepake sm dokter orthoped nya karena bentuknya ga tepat, sling dokter orthoped ga kepake sm dede kerja kelonggaran kurang pas sm ukuran dede - catatan yang namanya alat bantu ortopedi itu mesti customize sesuai dengan ukuran pasien, akhirnya yang kepake adalah sling popok buatan emak :3

eniwey.... thats not the point hal-hal diatas mengajarkan banyak hal kepada emak, dan seperti di sentil kerna hampir melupakan pelajaran terdahulu XDD

di kasih ujian orthopedi

key words:
orthosplint, upper extremity, jatuh, anatomi, color rubor dolor, ortopedi, minyak but-but


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Talk to Me :D

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

AWARD

AWARD
Dari mama shan2

AWARD : INSPIRATION AWARD

AWARD : INSPIRATION AWARD
dari Amelia Saga - Mamap Tiwi

AWARD : BLOGGER AWARD

AWARD : BLOGGER AWARD
Fr.Linda-M'Hilmi-yen2